1.
Kelompok strategis manakah yang terletak di posisi pasar yang paling
menguntungkan? Kelompok yang berada di posisi yang paling menguntungkan?
Kelompok strategis yang terletak
di posisi pasar yang paling menguntungkan adalah kelompok yang memiliki banyak
toko di berbagai tempat untuk dapat
menjangkau para pelanggannnya dan kelompok yang dapat memberikan harga yang
paling rendah dibanding kelompok lain untuk menarik para pelanggan. Kelompok
yang berada di posisi yang yang paling menguntungkan adalah Walmart, Kmart, dan Target. Karena, Walmart
dan Kmart memberikan harga/ kualitas yang rendah serta memiliki jangkauan
geografis yang sangat luas sedangkan kelompok Target memberikan harga/ kualitas
sedikit lebih tinggi dari Walmart dan Kmart dan
jangkaunnya geografisnya masih kurang jika dibandingkan dengan Walmart
dan Kmart. Namun kelompok Target berada di posisi pasar yang menguntungkan
karena strategi yang digunkan oleh kelompok Target hampir sama dengan Walmart
dan Kmart. meskipun Walmart dan Kmart
tetap unggul dari Target, karena Walmart dan Kmart memberikan harga yang paling
murah sehingga itu menjadikan mereka sebagai salah satu kekuatan untuk mempertahankan
pangsa pasar dari para pesaing. Tetapi kelompok Target dapat menjadi pesaing
yang berbahaya bagi Walmart dan Kmart.
Kelompok yang terletak di posisi
pasar yang tidak paling menguntungkan
adalah T.J. Maxx karena Departemen store ini memiliki lokasi toko penjualan
yang sedikit sehingga untuk menjangkau para pelanggannya pun sedikit dan
harga/kualitasnya pun juga rendah.
2.
Manakah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan kompetisi dalam grup?
Kelompok yang memungkin
terjadinya peningkatan kompetisi dalam grup adalah Kelompok Gucci, Channel dan
Fendi. Karena, mereka menghadapi setidaknya dari anggota lain dan kelompok ini
adalah kelompok bisnis paling kecil dibandingkan dengan kelompok-kelompok yang
lain. Gucci, Channel dan Fendi beroperasi di harga tertinggi, kualitas tertinggi
dan jangkauan yang terkecil di peta strategis. Karena jangakauan geografis
mereka kecil sehingga akan membuat sesama anggota untuk lebih ketat lagi dalam
meningkatkan kualitas produk sesuai dengan harga tinggi yang mereka tawarkan.
Maka di kelompok ini terjadilah kompetisi desain produk, citra merek, dan harga
yang paling tinggi namun sesuai dengan kualitas yang diberikan.
3.
Kelompok manakah yang paling terancam oleh langkah strategis jika anggota
kelompok strategis berada di dekatnya?
Kelompok yang paling terancam
jika ada perusahan yang melakukan langkah strategis jika anggota kelompok
strategis berada di dekatnya adalah kelompok Gap dan Banana Republic terhadap
pesaing terdekatnya yaitu Kohl’s. Jika melakukan strategi bersaing dengan
menaikkan harga/kualitas setara dengan harga yang terapkan oleh Gap dan Banana
Republic dan melakukan diferensiasi produk. Maka Gap dan Banana Republic akan
merasa terancam karena ada pesaing mereka yang memberikan harga produk yang
sama namun produk yang dijual lebih beragam atau lebih unik. Kohl’s memiliki
keunggulan dari Gap dan Banana Republic karena lokasi toko penjualan yang lebih
banyak dibandingkan dengan Gap dan Banana Republic. Sehingga ini dapat menjadi
kekuatan untuk merebut para pelanggan Gap dan Banana karena Kohl’s bisa
menjangkau lebih banyak para pelanggan dibanding Gap dan Banana Republic.