INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Friday, November 28, 2014

Stategic map



1. Kelompok strategis manakah yang terletak di posisi pasar yang paling menguntungkan? Kelompok yang berada di posisi yang paling menguntungkan?
Kelompok strategis yang terletak di posisi pasar yang paling menguntungkan adalah kelompok yang memiliki banyak toko di berbagai tempat  untuk dapat menjangkau para pelanggannnya dan kelompok yang dapat memberikan harga yang paling rendah dibanding kelompok lain untuk menarik para pelanggan. Kelompok yang berada di posisi yang yang paling menguntungkan adalah  Walmart, Kmart, dan Target. Karena, Walmart dan Kmart memberikan harga/ kualitas yang rendah serta memiliki jangkauan geografis yang sangat luas sedangkan kelompok Target memberikan harga/ kualitas sedikit lebih tinggi dari Walmart dan Kmart dan  jangkaunnya geografisnya masih kurang jika dibandingkan dengan Walmart dan Kmart. Namun kelompok Target berada di posisi pasar yang menguntungkan karena strategi yang digunkan oleh kelompok Target hampir sama dengan Walmart dan Kmart.  meskipun Walmart dan Kmart tetap unggul dari Target, karena Walmart dan Kmart memberikan harga yang paling murah sehingga itu menjadikan mereka sebagai salah satu kekuatan untuk mempertahankan pangsa pasar dari para pesaing. Tetapi kelompok Target dapat menjadi pesaing yang berbahaya bagi Walmart dan Kmart.
Kelompok yang terletak di posisi pasar yang tidak  paling menguntungkan adalah T.J. Maxx karena Departemen store ini memiliki lokasi toko penjualan yang sedikit sehingga untuk menjangkau para pelanggannya pun sedikit dan harga/kualitasnya pun juga rendah.



2. Manakah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan kompetisi dalam grup?
Kelompok yang memungkin terjadinya peningkatan kompetisi dalam grup adalah Kelompok Gucci, Channel dan Fendi. Karena, mereka menghadapi setidaknya dari anggota lain dan kelompok ini adalah kelompok bisnis paling kecil dibandingkan dengan kelompok-kelompok yang lain. Gucci, Channel dan Fendi beroperasi di harga tertinggi, kualitas tertinggi dan jangkauan yang terkecil di peta strategis. Karena jangakauan geografis mereka kecil sehingga akan membuat sesama anggota untuk lebih ketat lagi dalam meningkatkan kualitas produk sesuai dengan harga tinggi yang mereka tawarkan. Maka di kelompok ini terjadilah kompetisi desain produk, citra merek, dan harga yang paling tinggi namun sesuai dengan kualitas yang diberikan.

3. Kelompok manakah yang paling terancam oleh langkah strategis jika anggota kelompok strategis berada di dekatnya?
Kelompok yang paling terancam jika ada perusahan yang melakukan langkah strategis jika anggota kelompok strategis berada di dekatnya adalah kelompok Gap dan Banana Republic terhadap pesaing terdekatnya yaitu Kohl’s. Jika melakukan strategi bersaing dengan menaikkan harga/kualitas setara dengan harga yang terapkan oleh Gap dan Banana Republic dan melakukan diferensiasi produk. Maka Gap dan Banana Republic akan merasa terancam karena ada pesaing mereka yang memberikan harga produk yang sama namun produk yang dijual lebih beragam atau lebih unik. Kohl’s memiliki keunggulan dari Gap dan Banana Republic karena lokasi toko penjualan yang lebih banyak dibandingkan dengan Gap dan Banana Republic. Sehingga ini dapat menjadi kekuatan untuk merebut para pelanggan Gap dan Banana karena Kohl’s bisa menjangkau lebih banyak para pelanggan dibanding Gap dan Banana Republic.