ILLUSTRATION
CAPSULE 6.1
Amazon.com’s
First Mover Advantage in Online Retailing
1. Which first-mover advantages did
Jeff Bezos have in starting Amazon.com?
Kelebihan Amazon.com mulai agresif
menambahkan produk-produk atau jasa-jasa baru yang ditawarkan. Menyadari
sebagai pelangkah awal (first mover) penjual di dunia maya Amazon.com mulai
menjual barang selain buku. Strategi yang digunakan ini adalah strategi bertumbuh
(growth strategy). Di pertengahan tahun 1998 perusahaan ini meluncurkan produk
tambahan musik dan video DVD. Di musim gugur 1998 perusahaan ini juga
melebarkan sayapnya ke eropa dengan mengakuisisi toko-toko buku online di
inggris dan Jerman. Awal tahun 2000, perusahaan ini
sudah menawrkan tujuh kategori produk, kebun dan taman, sampai ke peralatan
perbaikan rumah di lebih 160 negara.
Kenyataannya pelanggan Amazon.com
bertambah dari tahun ke tahun. Pelanggan
Amazon.com sebanyak 1,5 juta pelanggan di tahun 1997, menjadi 14 juta di tahun
1999 dan 25 juta tahun 2001.
Pada tahun 1998, Amazon.com menambah
model bisnis baru, yaitu dua buah lelang (auction) online dan sebuah tempat
pasar (markerplace) online. Melihat
kesuksesan dunia maya, Amazon.com menambahkan transaksi lelang online di
situsnya.
Keuntungan yang didapat oleh
Jeff Bezos dalam memulai amazon.com
-
Menjadi perusahaan E-Commerce pertama didunia
-
Dengan berbasis jaringan internet membuat peningkatan
komunitas konsumen yang semakin luasdan meningkat
-
Sebagai pionir di online retail
-
Jeff Bezos mengambil keuntungan sebagai penggerak
pertama dalam penjualan buku online pada saat itu.
-
Sebagai pionir online pertama Jeff Bezos memiliki
kesempatan terbaik untuk mempertahankan profitabilitasnya
-
Jeff Bezos telah berhasil melakukan mengeksploitasi
suatu kesempatan yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan lain .
-
Kepemimpinan teknologi E-Commerce
-
Sekali konsumen nyaman
dan mereka menerapkan biaya tertentu, yang biasanya cukup curam, untuk beralih
ke produk sejenis lainnya melalui Switching costs
-
Nama Amazon.com
telah menjadi identik dengan e-commerce
dan itu adalah salah
satu merek internet beberapa
diakui di seluruh dunia.
-
first-mover diuntungkan untuk mendapatkan posisi brand
awareness yang tinggi di benak konsumen
-
Eksploitasi buyer switching costs
2. What first-mover disadvantages
did Bezos have to watch for after starting Amazon.com?
-
Kurangnya riset
pasar yang mencukupi
-
Biasanya
First-Mover melakukan inovasi dengan biaya yang lebih mahal dibanding peniru
-
Ketika produk
yang dijual di amazon.com tidak beragam dan tidak memenuhi harapan pembeli
-
ada
kondisi di mana penggerak pertama sebenarnya menderita kerugian yang signifikan.
-
Memperkenalkan dan membangun pengetahuan
akan kesadaran merek dari amazon.com
-
penjualan e-commerce sangat
memungkinkan terjadinya sabotase dan dirusaknnya system penjualan amazon.com oleh hacker
-
Terkadang perusahaan peniru dapat mencapai hasil yang lebih unggul dengan yang dicapai oleh perusahaan First-Mover
3. Why was the learning curve so
steep for Amazon.com?
karena
para manajer dan pekerja menjadi lebih efisien seiring dengan pengalaman
pemesanan secara online yang mereka peroleh. Sehingga learning curve amazon.com
semakin curam seiring dengan berjalannya waktu, pengalaman penjualan secara
online dan estimasi waktu pengiriman barang. Pengalaman kerja yang diperoleh
amazon.com dalam menjual barang secara online memberikan wawasan, cara, dan
pembelajaran. Sehingga amazon.com menjadi paham dan dapat mengetahui langkah
efektif dan efisien yang dapat dia lakukan untuk memaksimalkan penjualan serta
melayani konsumen dengan baik.
ILLUSTRATION
CAPSULE 6.2
Clear
Channel Communication : Using Mergers and acquisitions to Become a Global
Market Leader in Radio Broadcasting
1. Which strategic outcomes did
Lowry Mays pursue through his acquisition strategy?
-
Lowry Mays membeli
stasiun radio kecil yang lemah dan stasiun televisi dengan harga rendah
-
Meningkatkan skala operasi perusahaan
dan pangsa pasar
-
Memperluas
cakupan geografis perusahaan.
-
Memperluas
bisnis perusahaan ke dalam kategori produk baru.
-
Mendapatkan
akses cepat ke teknologi baru atau sumber daya komplementer dan kemampuan.
-
Memimpin
konvergensi industri yang batas sedang
kabur oleh perubahan teknologi dan
peluang pasar baru.
-
Berbagi fasilitas yang sama dan memotong
biaya
-
Untuk meningkatkan pemograman dan
memperluas jaringan
-
Menjual iklan
untuk ketiga media yang secara bersamaan.
-
Untuk membangun
posisi terdepan di stasiun radio dan televisi.
2. How did increasing the
horizontal scope of Clear Channel Communications through acquisitions
strengthen its
competitive position and profitability?
-
Meningkatkan efisiensi operasinya
-
Mempertinggi diferensiasi produk
-
Mengurangi persaingan pasar
-
Meningkatkan daya tawar perusahaan atas
-
Pemasok dan pembeli
-
Meningkatkan fleksibilitas dan kemampuan
dinamis
-
Dengan mengakuisisi perusahaan yang
bidang usahanya sama, menyerap operasi perusahaan tersebut dan meningkatkan
sesuatu yang menjadi kelemahan
3. Why did Clear Channel sell
nearly one-third of its radio stations in 2008?
Tak bisa dipungkiri pemilik ebih
dari 1.200 stasiun
radio, 130 tempat konser besar dan promotor, 770.000
billboard, dan 41
stasiun televisi, Clear Channel mendominasi dunia hiburan melalui MTV dan
Disney. pada musim gugur tahun 2006, setelah bertahun-tahun
dikritik publik dan meratakan harga saham, Media raksasa Clear Channel
Communications, Inc. Akhirnya jatuh, dan menjual sepertiga dari stasiun radio
dan semua televisinya prihatin dan mengalihkan sisa kepemilikannya kepada
konsorsium perusahaan ekuitas swasta. Langkah ini menandai akhir dari sebuah
era dalam konsolidasi media, dan Hak Dial, Foege mengambil saham dari
keberhasilan perusahaan dan kritikan, menunjukkan
cara di mana Clear Channel dibentuk kembali Amerika budaya dan landscape perusahaan sepanjang jalan.
ILLUSTRATION
CAPSULE 6.3
American
Apparel’s Vertical Integration Strategy
1. What are the most important
strategic benefits that American Apparel derives from its vertical Integration
strategy?
American Apparel adalah
ritel fashion dan produsen yang benar-benar mengiklankan diri sebagai
perusahaan industri yang terintegrasi secara vertikal. merek ini berbasis di pusat kota Los Angeles ,
dimana dari satu gedung mereka kontrol Mewarnai, finishing, merancang,
menjahit, pemotongan, pemasaran dan distribusi perusahaan produk. Perusahaan
tunas dan mendistribusikan iklan sendiri, sering menggunakan karyawan sendiri
sebagai subjek. Hal ini
juga memiliki dan mengoperasikan masing-masing perusahaan lokasi ritel sebagai
lawan waralaba . Menurut manajemen, model yang
terintegrasi secara vertikal memungkinkan perusahaan untuk mendesain, memotong,
mendistribusikan dan menjual item secara global dalam rentang seminggu. Pendiri asli Dov Charney tetap
pemegang saham mayoritas dan CEO. Sejak
perusahaan kontrol baik produksi dan distribusi produknya, ini adalah sebuah
contoh dari sebuah perusahaan yang
terintegrasi secara vertikal seimbang.
Manfaat dari strategi integrasi vertikal
:
a. Mengurangi
biaya penjualan dan pembelian
b. Memperbaiki
koordinasi antarfungsi dan kapabilitas
c. Melindungi
hak kepemilikan terhadap teknologi
2. Over the long term, how
could the vertical scope of American Apparel’s operations threaten its
competitive position and profitability?
American
Apparel menjadikan operasi manufaktur mereka sebagai kekuatan untuk posisi
kompetitif dan profitabilitas. American Apparel adalah sebuah perusahaan yang sepenuhnya
terintegrasi secara vertikal. Itu
berarti bahwa American Apparel mengendalikan
segala sesuatu dari menjahit
dan memotong sampai dengan pemasaran
dan distribusi produk mereka. Selain itu, semua ini dilakukan dari satu bangunan yang markasnya berbasis California. American
Apparel percaya bahwa ini memberi
mereka keuntungan yang berbeda atas kompetisi mereka karena mereka dapat menggunakan kontrol manufaktur unggul mereka untuk merespon permintaan
pasar (atau kurangnya permintaan)
dan kecepatan lebih
cepat. Melengkapi integrasi
vertikal mereka adalah mereka "dibuat dalam
kampanye merek USA. Karena semua produk American
Apparel diproduksi di Amerika
Serikat, mereka mempromosikan fakta
bahwa mereka memiliki lingkungan"sweatshop
free", yang membantu untuk
meningkatkan reputasi merek dan
terhubung dengan konsumen base.
Berdasarkan US model integrasi vertikal American Apparel kurang hemat biaya bagi mereka pesaing yang outsource produksi ke luar negeri. Biaya operasi yang tinggi juga dapat dikaitkan dengan rantai pasokan kurang berhasil. American Apparel harus melihat banyak melakukan perbaikan di daerah-daerah jika berencana untuk mengikuti kompetisi
Berdasarkan US model integrasi vertikal American Apparel kurang hemat biaya bagi mereka pesaing yang outsource produksi ke luar negeri. Biaya operasi yang tinggi juga dapat dikaitkan dengan rantai pasokan kurang berhasil. American Apparel harus melihat banyak melakukan perbaikan di daerah-daerah jika berencana untuk mengikuti kompetisi
3. Why is a vertical
integration strategy more appropriate in some industries and not in others?
Karena
strategi integrasi verikal mencakup perluasan wewenang organisasi ke dalam
saluran pasokan atau ke distributor. Integrasi vertikal biasanya digunakan
untuk mengurangi ketidakpastian dan mengurangi biaya terkait dengan pemasok dan
distributor
Strategi integrasi vertikal adalah dapat berupa kendali terhadap inputnya (backward)
dan kendali terhadap outputnya (forward) atau keduanya. Pada integrasi
vertikal kebelakang, perusahaan memperoleh kendali terhadap input atau
sumberdaya dengan menjadi pemasok sendiri. Sebagai contoh adalah sebuah pabrik
baja mengambil alih atau bergabung dengan perusahaan bijih besi, perusahaan
minyak goreng melakukan integrasi dengan perkebunan kelapa sawit
dansebagainya. Integrasi vertikal kedepan, perusahaan memperoleh kendali
terhadap output dengan menjadi distributor bagi dirinya sendiri.