Menurut
Kotler & Keller (2012:500) komunikasi pemasaran mencakup delapan model
komunikasi yaitu:
1. Advertising
Bentuk berbayar dari
promosi tentang ide, barang, atau layanan yang dilakukan oleh sponsor melalui
media cetak (koran dan majalah), broadcast media (radio dan televisi), media
jaringan ( telpon, kabel, satelit, wireless), media elektronik (audiotape,
videotape, video disk, CD-ROM, situs), dan display media (billboard dan
poster).
2. Sales Promotion
Variasi dari aktivitas
jangka pendek untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, mencakup promosi
konsumen (sample, kupon, premium).
Promosi dagang (iklan
dan display) dan promosi bisnis.
3. Event and Experiences
Aktivitas sponsorship
dan pembuatan program untuk menciptakan interaksi dengan konsumen, mencakup
olahraga, hiburan, seni, dan acara lainnya yang sifatnya tidak formal.
4. Public
relation and publicity
Variasi program yang
ditujukan secara internal untuk karyawan perusahaan dan secara eksternal untuk
konsumen, perusahaan lain, pemerintah, dan media, untuk mempromosikan atau
melindungi citra perusahaan.
5. Direct marketing
Penggunaan surat,
telepon, fax, email, atau internet untuk komunikasi secara langsung kepada
pelanggan, dengan atau tanpa interaksi dua pihak.
6. Interactive marketing
Aktivitas atau program
yang diadakan dengan tujuan mengikat pelanggan dengan meningkatkan kesadaraan,
meningkatkan citra, dan mendapatkan penjualan produk atau layanan secara
langsung atau tidak langsung.
7. Word of Mouth Marketing
Pengucapan dari mulut
ke mulut, tertulis, atau berlangsung dengan komunikasi elektronik tentang
pengalaman penggunaan produk atau layanan dari suatu perusahaan.
8. Personal Selling
Interaksi langsung dengan satu atau
lebih calon pembeli, dengan tujuan menjelaskan, menjawab pertanyaan, dan
memperoleh pesanan.