Menurut Setiadi (2013:
176) Pemasar harus memilih saluran komunikasi yang efisien untuk menyampaikan
pesan. Saluran komunikasi terdiri atas dua jenis, yaitu:
1. Saluran
Komunikasi Personal
Saluran komunikasi ini
mencakup dua orang atau lebih yang berkomunikasi secara langsung satu sama
lain. Mereka dapat berkomunikasi dengan cara tatap muka, melalui telepon atau
melalui surat. Saluran komunikasi personal memperoleh efektivitasnya melalui
peluang untuk mengindividualkan penyajian dan umpan baliknya. Komunikasi personal
menggunakan saluran pendukung, pakar, dan sosial. Daluran pendukung terdiri
atas wiraniaga yang menghubungi pembeli
di pasar sasaran. Saluran pakar terdiri atas para pakar independen memberikan
pernyataan ke pembeli sasaran. Saluran sosial terdiri atas tetangga, teman,
anggota keluarga, dan perkumpulan yang berbicara ke pembeli sasaran.
2. Saluran
komunikasi Nonpersonal
Saluran komunikasi
nonpersonal menyampaikan pesan tanpa melakukan kontak atau interaksi pribadi.
Tetapi dilakukan melalui media, atmosfer, dan acara. Media terdiri atas media
cetak, media penyiaran, media elektronik, dan media display. Sebagian besar
pesan nonpersonal datang melaui media yang dibayar.