INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Monday, September 1, 2014

Bisnis Internasional



1. Keuangan internasional (Transaksinya) dan 6 metode pembayaran inter
Pasar valuta asing (foreign exchange market, forex) atau disingkat valas merupakan suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya (pasangan mata uang/pair) yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.
Perdagangan internasional selalu menimbulkan impor dan ekspor. Suatu negara yang mengadakan transaksi dengan luar negeri atau ekspor impor menimbulkan suatu pertanyaan: bagaimana cara melakukan pembayaran akibat perdagangan tersebut? Dari perdagangan antarnegara akan menuntut suatu negara untuk melakukan pinjaman dari luar negeri, sehingga diperlukan beberapa cara dalam penyelesaian akhir dari utang piutang tersebut atau sering disebut dengan pembayaran internasional.

Adapun cara untuk melakukan pembayaran internasional yang timbul akibat perdagangan dan peminjaman internasional antara lain sebagai berikut.

1. Advance Payment: pembayaran dilakukan sebelum barang dikirim
n  Pembayaran menggunakan cara ini risiko transaksi lebih banyak di pihak importir
n  Pembayaran dapad dilakukan melalui: bank draft (wesel), cek, atau melalui transfer bank ke nomor rekening yang telah ditentukan oleh importir
2.   Open Account: pembayaran dilakukan dalam periode waktu tertentu setelah barang dikirim
n  Periode waktu pembayaran umumnya 30 hari, 50 hari, atau 90 hari.
n  Pembayaran menggunakan cara ini risiko transaksi lebih banyak di pihak eksportir
3.    Collection atau inkaso: pembayaran dilakukan dg cara eksportir minta bantuan bank dlm melakukan penagihan kpd importir
Collection/Inkaso adalah sebuah perintah oleh eksportir kepada banknya untuk menagih pembayaran kepada importir sebagai imbalan dari penyerahan dokumen kepemilikan barang yang dikirim .
Macam – macam collection
Documentary Collection: menggunakan draft dan dokumen pengiriman lain spt faktur, dokumen asuransi, SKA, dll
Jenis Documentary Collection:
    1. Documentary against payment (D/P): bank menyerahkan dokumen kepada importir setelah importir membayar tunai
    2. Documentary against Acceptance (D/A): bank menyerahkan dokumen jika ada jaminan importir akan melakukan pembayaran di kemudian hari (time draft)

4. Counter-trade adalah pola perdagangan luar negeri yang dilakukan dengan mengekspor sejumlah barang tertentu dan sebagai imbalannya memperoleh sejumlah barang tertentu pula.
5. Letter of Credit
   Pengertian L/C: jaminan pembayaran bersyarat
   Dikenal juga dengan istilah Surat Kredit Berdokumen
Letter of credit adalah surat pernyataan tertulis yang dibuat bank atas permohonan nasabah (importir) untuk menyediakan sejumlah uang sebagai pembayaran kepada eksporti
6.  Konsinyasi (consignment). Pihak penjual mengirimkan barang terlebih dahulu, barang tersebut dilunasi setelah setelah barang laku dijual. Biasanya pembayaran jenis ini dilakukan jika menggunakan jasa distributor.

2. Manajemen Produksi Internasional (Cara meningkatkan produktivitas)
     Menentukan secara tepat jumlah bahan baku yang akan digunakan,
     Kombinasi sumber daya yang tepat,
     Pembagian pekerjaan yang tepat,
     Rangkaian pekerjaan yang tepat
Misal :
Perusahaan manufaktur lebih banyak menggunakan bahan baku dan peralatan
Perusahaan Jasa lebih banyak menggunakan karyawan dan teknologi informasi 

3. Strategi keunggulan biaya (cost leadership)

Memproduksi sesuatu lebih murah dibanding pesaing Menjual lebih murah tetapi menghasilkan laba yang sama. Bila persaingan meningkat, akan lebih unggul karena dapat menurunkan harga dan masih menghasilkan laba. Bagaimana mencapai cost leadership ?
- Memfokus pada kompetensi manufaktur dan manajemen material yang efisien.
- Mengurangi perhatian pada diferensiasi produk dan segmentasi pasar.

Cost leadership dalam konteks Porter's 5 Forces Model :
- Relatif aman dari pesaing dan dari gangguan supplier, buyers dan substitut.
- Kelemahannya adalah : pesaing dapat memproduksi murah, dan selera pelanggan dapat berubah.

4 KOMPONEN STRATEGI INTER
Distinctive competencies adalah kompetensi menonjol dan unik yang dimiliki perusahaan, dan dapat dimanfaatkan untuk memenangkan persaingan dalam memuaskan pelanggan. Kompetensi ini meliputi efisiensi, mutu, inovasi, dan respon pada pelanggan.
Scope of Operations

Resource Deployment

Synergy

MODE OF ENTRY
1.    Ekspor; ekspor langsung dan ekspor tidak langsung
Jika sebuah perusahaan memutuskan untuk mengeksport barang, perusahaan tersebut memilih antara mengekport langsung atau mengeksport tidak langsung. Mengekspor tidak langsung yaitu mengekspor barang-barang dan jasa-jasa melalui berbagai jenis eksportir yang bebasis di dalam negeri. Sedangkan Mengekspor langsung yaitu ekspor barang-barang dan jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksinya.
2. Sistem Kontaktual; contract manufacture, lisensi, waralaba, dan joint venture.
      Lincencing adalah perjanjian kontraktual di mana sebuah perusahaan memberikan akses kepada hak paten, rahasia dagang atau teknologinya kepada perusahaan lain dengan mendapat pembayaran.
      Franchising adalah suatu bentuk pemberian lisensi di mana sebuah perusahaan mengadakan kontrak dengan perusahaan lain untuk mengoperasikan jenis usaha tertentu di bawah nama yang dibentuk sesuai dengan aturan-aturan tertentu
      Management contract adalah perjanjian antara dua perusahaan, di mana salah satunya memberikan bantuan keahlian manajerial kepada yang laindalam suatu periode tertentu.
2.    Investasi Langsung;
                
1.Joint Ventures adalah bekerjasama dengan perusahaan asing/Negara lain, biasanya dengan porsi kepemilikan saham 50/50.
Keuntungan :
·         Belajar know-how dari partnernya
·         Sharing risks dengan partnernya.
·         Menghindari halangan politik untuk masuk
Kerugian :
·         Kehilangan Kontrol
·         Mungkin terjadi konflik
·         Kehilangan kekuasaan dalam hal persaingan global
 2. Wholly Owned Subsidiary adalah mendirikan perusahaan/industry/pabrik milik sendiri di luar negeri secara penuh (tidak bekerja sama dengan pihak lain).
Keuntungan :
·         Tidak kehilangan kontrol terhadap keunggulan/keunikan yang dimiliki
·         Sebagai bagian yang mudah dikoordinasikan dalam menentukan strategi global
·         Memberikan keuntungan dalam global-system
·         Kerugian :
·         Menanggung semua beban biaya
·         Menanggung semua resiko


Internet Marketing
segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan mediaInternet atau jaringan www
:)
:(
=(
^_^
:D
=D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p