INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Monday, September 1, 2014

Strategi Perdagangan Ekspor Impor


Negosiasi /Presentasi dokumen

1.Pengertian
 adalah penyerahan dokumen ekspor ke Bank untuk mendapatkan pembayaran / akseptasi

2.Waktu Presentasi / Negosiasi.
  ada  3 (tiga)  tanggal yang harus diperhatikan
  a.  Tgl.  On Board.
  b.  Tgl.  Expiry Date L/C.
  c.  Tgl.  Presentation Periode.
  Ketiga  Tgl. tersebut harus masih berlaku.

3.Bank Penegosiasi / Presentasi.
  a.  L/C   Jenis  Restricted,  Bank Penegosiasi disebut
       dalam L/C.
  b.  L/C   Jenis  Unrestricted, .Bank Penegosiasi bebas,
       diserahkan  sepenuhnya kepada Eksportir.

4.Pedoman Pemeriksaan Keabsahan Dokumen.
  a.  Jika Dokumen diatur dalam L/C, maka penilaian
      berpedoman kepada  L/C.
  b.  Jika Dokumen tidak diatur dalam L/C, maka penilaian
       berpedoman kepada UCP 600.

5.Settlement  ( Penyelesaian pembayaran ).
  a. Jika  L/C  by  Sight ( Sight L/C ), Bank melakukan pembayaran segera setelah Dokumen dinilai Absah.
  b. Jika  L/C  by  Defferent  (Usance  L/C ), Bank melakukan Akseptasi segera setelah Dokumen dinilai Absah.
  c.  Jika  L/C  by Negotation, adalah pembelian / pengambil alihan pembayaran dokumen ekspor, atas  L/C yang seharusnya dibayar di luar negeri.

 6.  Discrepancies
  a. Pengertian
      1). adalah penyimpangan dokumen, karena tidaksesuai dengan persyaratan yang  ditetapkan dalam L/C atau UCP 600.
      2). Dokumen ini dinyatakan tidak absah, sehingga Bank berhak menolak membayar.

   b. Sifat Penyimpangan.
      1).  Minor Discrepancies (Correctable), penyimpangan yang sifatnya dapat diperbaiki.
      2). Mayor Discrepancies (Uncorrectable), penyimpangan yang sifatnya tidak dapat diperbaiki.

7. Alternatip Penyelesaian oleh Bank.
  a. Menolak dokumen.
  b. Mengembalikan dokumen untuk diperbaiki.
  c. Menerima discrepancies dengan jaminan (Hak Regres).
  d. Meminta persetujuan Bank Pembuka atau Importir.
  e. Mengirim dokumen secara collection.

8. Alternatip Penyelesaian oleh Eksportir.
  a. Perbaiki dokumen.
  b. Berikan Hak Regres kepada Bank.
  c. Gunakan Collection.
  d. Negosiasi ulang dengan Importir.
 KETENTUAN  DOKUMEN  BERDASARKAN  UCP  600

JIKA TIDAK DITETAPKAN LAIN, maka :
•Ps. 20.
  Bank akan menerima sebagai Dok. Asli, dok. Yang dihasilkan dengan sistem Reprografic; Otomasi; Komputerisasi; Tembusan dengan karbon; asal diberi tanda asli dan jika perlu ditandatangani.
  Dok. Boleh ditandatangani dengan tulisan tangan; faximile; preforasi; cap; lambang; pengesahan mekanis atau elektronic.
  Dok. Yang mensyaratkan Ganda, dapat dipenuhi dengan satu asli dan lainnya tembusan.

  Ps.  21.
  Bank akan menerima Dokumen  yang tidak jelas susunan kata dan penerbitnya, asal data yang tercantum konsisten dengan Dokumen lainnya.

  Ps. 22.
  Bank akan menerima Dokumen yang tanggal penerbitannya sebelum tanggal L/C, asal diserahkan dalam waktu sesuai L/C.

  Ps. 25.
  Bank akan menolak Charter Party B/L.

  Ps. 30.
  Bank akan menolak House B/L, kecuali forwarder yang menerbitkan juga merupakan perusahaan Multi Modal.

  Ps.  32.
  Bank akan menolak Unclean B/L.

  Ps. 33.
  Pernyataan Freight  (Prepaid/Payable), disesuaikan dengan Titik Penyerahan  (Incoterm’s).

  Ps. 34.
  Bank akan menolak Dokumen Asuransi yang tanggal penerbitannya sesudah tanggal pemuatan.
  Dokumen Asuransi harus dinyatakan dalam mata uang yang sama dengan L/C.

  Ps. 36.
  Bank akan menolak Invoice yang diterbitkan untuk jumlah melebihi L/C.
  Uraian dalam Invoice harus sesuai dengan uraian dalam L/C.

  Ps. 39.
  Kata-kata  :  about , Approximately, Circa, ditafsirkan kelonggaran    +/-  10  %, dari jumlah satuan yang jadi dasar,
  Kelonggaran  +/-  5 %, diperbolehkan asalkan besarnya penarikan tidak melebihi  L/C.

  Ps. 40.
  Pengiriman sebagian diperbolehkan.
  Untuk pengiriman sebagian, Jika dokumen menyatakan : alat angkut sama, perjalanan sama, tujuan sama,  Tidak dianggap pengiriman sebagian.

  Ps. 43.
  Dokumen harus diserahkan sebelum tanggal akhir  L/C.
  Bank menolak dokumen yang diserahkan lebih dari  21  hari dari tanggal pengapalan.

  Ps. 44.
  Jika tanggal jatuh tempo merupakan hari libur, maka penyerahan dokumen akan diperpanjang satu hari berikutnya.

  Ps. 45.
  Bank tidak berkewajiban menerima dokumen diluar jam kerja mereka.