INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Wednesday, February 4, 2015

Teknik Perdagangan Ekspor Impor dari segi Aspek Pasar



  ASPEK  PASAR
1.  Pengertian Pasar
         Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk suatu harga.

2.   Bentuk Pasar.
            1). Pasar Sempurna.
            2). Pasar Tidak Sempurna.
                  a).  Pasar Monopoly.
                  b).  Pasar Monopsony.
                  c).  Pasar Oligopoly.

3.      Pengertian Permintaan dan Penawaran.
         a.  Permintaan, adalah jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang
           mempunyai kemampuan untuk membeli pada berbagai tingkat harga.

HUKUM PERMINTAAN :
JIKA HARGA SUATU BARANG MENINGKAT, MAKA JUMLAH BARANG YANG DIMINTA AKAN BERKURANG, SEBALIKNYA JIKA HARGA BARANG YANG DIMINTA MENURUN, MAKA JUMLAH BARANG YANG DIMINTA AKAN BERTAMBAH.

b.      Penawaran, adalah berbagai jumlah barang yang ditawarkan di pasar pada berbagai tingkat harga.

HUKUM PENAWARAN :
JIKA HARGA SUATU BARANG MENINGKAT, MAKA JUMLAH BARANG YANG DITAWARKAN AKAN BERTAMBAH, SEBALIKNYA JIKA HARGA BARANG YANG DITAWARKAN MENURUN, MAKA JUMLAH BARANG YANG DITAWARKAN AKAN BERTAMBAH.
a.        
b.      4.  Mengukur  Permintaan Pasar
c.       Mengukur Permintaan Pasar Saat Sekarang.
            1).    Analisis Non Statistik  (Demografis, Geografis, psikografis, perilaku).
                        Analisis Non Statistik dilakukan dengan melakukan riset sederhana
                misalnya mengenai :
                        a). Jumlah dan perbandingan usia Penduduk.
                        b). Jumlah dan perbandingan Gender.
                        c).  Pendapatan Perkapita Penduduk.
                        d).  Budaya Setempat.
                        e).  Tradisi Setempat.
                        f).  Keadaan Iklim
                        g).  Selera Masyarakat.

 2).  Analisis Statistik.
         Analisis Statistik dilakukan dengan menggunakan persamaan :
            
Q = n.p.q   *)
           
            dimana  :
            Q   =   Trotal permintaan pasar.
            n   =   Jumlah pembeli di pasar.
            p   =   Harga rata-rata satuan.
            q   =   Jumlah yang dibeli oleh rata-rata pembeli pertahun.
*).  Husein Umar  ( Studi Kelayakan Bisnis)
 
b.      Mengukur Permintaan Mendatang.
            Untuk mengukur besarnya permintaan suatu komoditi pada waktu yang akan datang, kita gunakan :
            1).  Analisis Regresi.
            2).  Analisis Deret Waktu  (Trend).
            3).  Analisis Rantai Markov.