1.
Pengertian manajemen
a.
Asal kata management adalah “to manage”
b.
Arti to manage :
·
To run ( menjalankan )
·
To operate(mengoperasikan)
·
To direct (mengarahkan)
·
To
administer(mengadministrasikan)
·
To conduct(melakukan)
·
To supervise(mengawasi)
·
To superintendent(menjaga)
·
To boss(menguasai)
·
To discipline(menertibkan)
·
To plan(merencanakan)
·
To control(mengendalikan)
c.
George Terry(1964) :
“Management is a distinct process of planning, organizing, actuating, and
controlling, performed to determine and accomplished stated objectives by the
use of human beings and other resources.”
d.
Harold Koontz and Cyril
O’Donnel(1968) : “ Management is the function of gettings done through other
people.”
e.
John M.Pfiffner(1953) :
“Management is concerned with the direction of the individuals and functions to achieve an objective previously determined.”
f.
James A.F.Stoner(1982) : “
Management is the process of planning, organizing, leading, and controlling the
efforts of organizational members and using all other organizational resources
to achieve stated organizational goals.”
g.
Sondang P.Siagian(1978) :
Manajemen dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau ketrampilan untuk
memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan
kegiatan orang lain.
h.
Beberapa aspek karakteristik
manajemen :
·
Manajemen sebagai proses ; rangkaian
kegiatan untuk mencapai tujuan dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.
·
Manajemen sebagai fungsi,
rangkaian kegiatan atas dasar fungsi fungsi tetentu yang berkaitan
·
Manajemen sebagai kolektivitas
orang ; terdapat sekumpulan orang berikut hieraki otoritasnya seperti manajer,
supervisor, dan staf stafnya.
·
Manajemen sebagai system ;
kerangka kerja yang terdiri atas beberapa unit yang satu sama lain berkaitan
dan saling tergantung.
·
Manajemen sebagai ilmu ;
terdapat konsep, teori, metode, dan analisisnya dalam memecahkan masalah.
·
Manajemen sebagai seni ;
ketrampilan dalam mengarahkan orang lain.
·
Manajemen sebagai profesi ;
bidang kerja yang memerlukan keahlian tertentu.
2.
Peranan manajer
Menurut James A.F.Stoner(1982) :
a.
Bekerja melalui “orang lain” ,
yaitu ; supervisor, bawahan, pelanggan, client, atau fihak fihak ekternal
lainnya.
b.
Bertanggungjawab atas suksesnya
organisasi mencapai tujuan.
c.
Menyeimbangkan antara sasaran
sasara dengan sumber daya yang dimiliki, serta menyusun prioritas
pencapaiannya.
d.
Berpikir analisis dan
konseptual. Analisis untuk mematangkan pertimbangan dalam menyelesaikan masalah
serta mampu menyusun konsep penyelesaiannya.
e.
Menjadi mediator dan perantara,
yang menghubungkan kepentingan antar bagian ataupun antar individu.
f.
Sebagai politisi ; menciptakan
hubungan hubungan, menggunakan persuasi dan kompromis dalam mencapai tujuan.
g.
Sebagai diplomat ; wakil resmi
dalam pertemuan dengan client, customer, pemerintah atau fihak fihak eksternal
lainnya.
3.
Tingkat tingkat manajemen
Tingkat manajemen bisa dibedakan berdasarkan level dalam organisasi
dan rentang aktivitas organisasi yang harus dipertanggungjawabkan(James A.F
Stoner, 1982).
Berdasarkan level dalam organisasi :
a.
Functional manager(manajer
fungsional) ; manajer yang
bertanggungjawab atas satu jenis aktivitas organisasi, misalnya pemasaran,
keuangan, penjualan.
b.
General manager(manajer umum) ;
manajer yang bertanggungjawab atas berbagai aktivitas semua unit.
Berdasarkan
rentang aktivitas organisasi yang harus dipertanggungjawabkan :
a.
Manajemen
lini pertama(Lower management atau first line management), yaitu tingkatan paling rendah dalam organisasi yang
memimpin dan mengawasi tenaga tenaga operasional. Sebutan untuk manajer pada tingkat ini bisa
kepala, pimpinan, mandor,
supervisor, atau penyelia.
b.
Manajemen
menengah(Middle management), yaitu manajemen yang menjabarkan arahan dan kebijakan manajemen
diatasnya(manajemen puncak) dan mengawasi effektivitas
manajemen lini pertama. Sebutan untuk manajemen ini adalah manajer departemen, kepala bagian, atau
superintendent.
c. Manajemen
puncak(Top management) ; kelompok kecil eksekutif yang bertanggung jawab atas seluruh manajemen
operasional. Manajemen tingkat ini merumuskan tujuan, merencanakan,
mengorganisasikan, menentukan pengawakan, dan melaksanakan
pengawasan. Manajemen ini bisa
direktur, presiden, kepala divisi.
Gambaran
tugas dan fungsi fungsi tiap tingkat managemen ;
1. Top
management (manajemen puncak):
- Mengembangkan dan meninjau rencana jangka
panjang secara komprehensif
- Mengevaluasi semua kinerja dari departemen
departemen utama
- Mengevaluasi para pejabat pimpinan untuk
dipersiapkan pada seleksi eksekutif kunci.
- Berkoordinasi dengan para manajer di bawahnya
dalam rung lingkup masalah umum\
2. Middle management (manajemen menengah) :
- Menyusun rencana jangka menengah
berdasarkan rencana top manajemen
- Menganalisis kinerja manajerial untuk
menentukan kapabilitas dan kesediaan promosi
- Membuat kebijakan departemen/bagian
- Menerima laporan harian dan mingguan
mengenai penjualan atau produksi
- Berkoordinasi dengan manajer di bawahnya dalam
masalah produksi, kepegawaian, atau masalah lainnya
Lower
management atau supervisory management Atau pengawas :
- Menyusun rencana operasi jangka pendek
secara rinci berdasarkan rencana middle management
- Meninjau kinerja operasional dan para
penyelia
- Mengawasi operasi sehari hari
- Membuat penugasan khusus kepada karyawan
- Menjaga kedekatan hubungan dengan para
karyawan
1.
Ketrampilan manajemen
Untuk melaksanakan kegiatan
kegiatannya, manajer dituntut memiliki
kerampilan :
a.
Ketrampilan
teknis(Technical skills), yaitu ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan
tugas tugas khusus dengan kemampuan menggunakan peralatan kantor dan
komunikasi, serta berbagai aplikasi teknologi. Ketrampilan teknis = working with things
b. Ketrampilan kemanusiaan(Human skills), yaitu ketrampilan
untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain, baik secara individu
maupun kelompok. Ketrampilan kemanusiaan = working with people
c.
Ketrampilan
konseptual(Conceptual skills), yaitu kemampuan untuk berpikir abstrak,
mendiagnosa dan menganalisis situasi berbeda serta melihat jauh ke depan.
Ketrampilan konseptual = working with
ideas.
1.
Sumber daya manajemen
Sumber daya manajemen disebut alat alat manajemen atau
alat alat administrasi
George
R.Terry :
·
Man(orang
orang)
·
Materials(bahan
bahan)
·
Methods(metode
metode)
·
Money(Uang)
·
Market(pasar)
John W.Neuner :
·
Man(orang
orang)
·
Materials(bahan
bahan)
·
Methods(metode
metode)
·
Money(Uang)
·
Morale(moral)
Michael
J.Jucius dan William E.Schlender ;
·
Organization
chart(bagan organisasi)
·
Organization
manuals(manual organisasi)
·
Budget(anggaran)
Louis Allen :
·
People(orang
orang)
·
Material
resources(sumberdaya materials)
·
Money(uang)
·
Tools and
machine(peralatan dan mesin)
Kesimpulan :
·
Manusia,
orang yang menggerakan dan melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan
·
Sumber daya
material, sarana dan prasarana yang digunakan dan diproses untuk menjadin
output, termasuk ; uang, mesin, gedung, tanah, bahan bahan, dll.
·
Metode, yaitu
cara yang digunakan untuk memproses sumberdaya menjadi output.
·
Informasi,
yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
2. Prinsip prinsip manajemen
Fayol mengemukakan 14 prinsip manajemen atau menyebutnya sebagai
general principles of administration :
a. Division of work :
pembagian kerja berdasarkan spesialisasi keahlian buruh.
b. Authority and responsibility
; kewenangan untuk memerintah dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan.
c. Discipline ; ketaatan
dalam mematuhi peraturan peraturan kerja
d. Unity of command ;
kesatuan perintah yang diterima bawahan.
e. Unity of direction ;
kesatuan arah dari istruksi kerja.
f.
Subordination of individual to general interest ; kepentingan
individu harus ditempatkan dibawah kepentingan umum.
g. Renumeration ; kesesuaian
kompensasi dengan beban kerja yang diberikan
h. Centralization ; pemusatan
tanggungjawab atau pengurangan beban atasan dengan pendelegasian wewenang
i.
Scalar chain atau hierarchy ;hubungan kekuasaan berjenjang
dari tingkat atas hingga bawah
j.
Order ; ketepatan penempatan orang pada posisi kerjanya
k. Equity ; persamaan
perlakuan terhadap anggota organisasi
l.
Stability of tenure ; stabilitas seseorang pada pekerjaan
atau jabatannya
m. Initiative ; bawahan
diberi kebebesan untuk ikut memikirkan pekerjaannya.
n. Esprits de corps ;
kebanggan terhadap korp organisasi.