INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Sunday, February 22, 2015

Manajemen

1.       Pengertian manajemen
a.       Asal kata  management adalah  “to manage”
b.      Arti to manage : 
·         To run ( menjalankan )
·         To operate(mengoperasikan)
·         To direct (mengarahkan)
·         To administer(mengadministrasikan)
·         To conduct(melakukan)
·         To supervise(mengawasi)
·         To superintendent(menjaga)
·         To boss(menguasai)
·         To discipline(menertibkan)
·         To plan(merencanakan)
·         To control(mengendalikan)
c.       George Terry(1964) : “Management is a distinct process of planning, organizing, actuating, and controlling, performed to determine and accomplished stated objectives by the use of human beings and other resources.”
d.      Harold Koontz and Cyril O’Donnel(1968) : “ Management is the function of gettings done through other people.”
e.      John M.Pfiffner(1953) : “Management is concerned with the direction of the individuals and  functions to achieve an objective previously determined.”
f.        James A.F.Stoner(1982) : “ Management is the process of planning, organizing, leading, and controlling the efforts of organizational members and using all other organizational resources to achieve stated organizational goals.”
g.       Sondang P.Siagian(1978) : Manajemen dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau ketrampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan kegiatan orang lain.
h.      Beberapa aspek karakteristik manajemen :
·         Manajemen sebagai proses ; rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan dengan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.
·         Manajemen sebagai fungsi, rangkaian kegiatan atas dasar fungsi fungsi tetentu yang berkaitan
·         Manajemen sebagai kolektivitas orang ; terdapat sekumpulan orang berikut hieraki otoritasnya seperti manajer, supervisor, dan staf stafnya.
·         Manajemen sebagai system ; kerangka kerja yang terdiri atas beberapa unit yang satu sama lain berkaitan dan saling tergantung.
·         Manajemen sebagai ilmu ; terdapat konsep, teori, metode, dan analisisnya dalam memecahkan masalah.
·         Manajemen sebagai seni ; ketrampilan dalam mengarahkan orang lain.
·         Manajemen sebagai profesi ; bidang kerja yang memerlukan keahlian tertentu.

2.       Peranan manajer
Menurut James A.F.Stoner(1982) :
a.       Bekerja melalui “orang lain” , yaitu ; supervisor, bawahan, pelanggan, client, atau fihak fihak ekternal lainnya.
b.      Bertanggungjawab atas suksesnya organisasi mencapai tujuan.
c.       Menyeimbangkan antara sasaran sasara dengan sumber daya yang dimiliki, serta menyusun prioritas pencapaiannya.
d.      Berpikir analisis dan konseptual. Analisis untuk mematangkan pertimbangan dalam menyelesaikan masalah serta mampu menyusun konsep penyelesaiannya.
e.      Menjadi mediator dan perantara, yang menghubungkan kepentingan antar bagian ataupun antar individu.
f.        Sebagai politisi ; menciptakan hubungan hubungan, menggunakan persuasi dan kompromis dalam mencapai tujuan.
g.       Sebagai diplomat ; wakil resmi dalam pertemuan dengan client, customer, pemerintah atau fihak fihak eksternal lainnya.

3.       Tingkat tingkat manajemen
Tingkat manajemen bisa dibedakan berdasarkan level dalam organisasi dan rentang aktivitas organisasi yang harus dipertanggungjawabkan(James A.F Stoner, 1982).
Berdasarkan level dalam organisasi :
a.       Functional manager(manajer fungsional) ;  manajer yang bertanggungjawab atas satu jenis aktivitas organisasi, misalnya pemasaran, keuangan, penjualan.
b.      General manager(manajer umum) ; manajer yang bertanggungjawab atas berbagai aktivitas semua unit.
Berdasarkan rentang aktivitas organisasi yang harus dipertanggungjawabkan :
a.       Manajemen lini pertama(Lower management atau first line management), yaitu  tingkatan paling rendah dalam organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga tenaga  operasional.  Sebutan untuk manajer pada tingkat ini bisa kepala, pimpinan,           mandor, supervisor, atau penyelia.
b.      Manajemen menengah(Middle management), yaitu manajemen yang menjabarkan             arahan dan kebijakan manajemen diatasnya(manajemen puncak) dan mengawasi          effektivitas manajemen lini pertama. Sebutan untuk manajemen ini adalah manajer       departemen, kepala bagian, atau superintendent.
c. Manajemen puncak(Top management) ; kelompok kecil eksekutif yang bertanggung             jawab atas seluruh manajemen operasional. Manajemen tingkat ini merumuskan tujuan, merencanakan, mengorganisasikan, menentukan pengawakan, dan melaksanakan
pengawasan. Manajemen ini bisa direktur, presiden, kepala divisi.

Gambaran tugas dan fungsi fungsi tiap tingkat managemen ;
 

1. Top management (manajemen puncak): 
- Mengembangkan dan meninjau rencana jangka panjang secara komprehensif
- Mengevaluasi semua kinerja dari departemen departemen utama
- Mengevaluasi para pejabat pimpinan untuk dipersiapkan pada seleksi eksekutif kunci.
- Berkoordinasi dengan para manajer di bawahnya dalam rung lingkup masalah umum\

2. Middle management (manajemen menengah) :
- Menyusun rencana jangka menengah berdasarkan rencana top manajemen
- Menganalisis kinerja manajerial untuk menentukan kapabilitas dan kesediaan promosi
- Membuat kebijakan departemen/bagian
- Menerima laporan harian dan mingguan mengenai penjualan atau produksi
- Berkoordinasi dengan manajer di bawahnya dalam masalah produksi, kepegawaian, atau masalah lainnya

Lower  management atau supervisory management Atau pengawas :


- Menyusun rencana operasi jangka pendek secara rinci berdasarkan rencana middle management
- Meninjau kinerja operasional dan para penyelia
- Mengawasi operasi sehari hari
- Membuat penugasan khusus kepada karyawan
- Menjaga kedekatan hubungan dengan para karyawan


1.       Ketrampilan manajemen
      Untuk melaksanakan kegiatan kegiatannya, manajer dituntut memiliki   kerampilan :
a.      Ketrampilan teknis(Technical skills), yaitu ketrampilan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tugas khusus dengan kemampuan menggunakan peralatan kantor dan komunikasi, serta berbagai aplikasi teknologi. Ketrampilan teknis = working with things
b.      Ketrampilan kemanusiaan(Human skills), yaitu ketrampilan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain, baik secara individu maupun kelompok. Ketrampilan kemanusiaan = working with people
c.       Ketrampilan konseptual(Conceptual skills), yaitu kemampuan untuk berpikir abstrak, mendiagnosa dan menganalisis situasi berbeda serta melihat jauh ke depan. Ketrampilan konseptual = working with ideas.


1.      Sumber daya manajemen
Sumber daya manajemen disebut alat alat manajemen atau alat alat administrasi
George R.Terry :
·         Man(orang orang)
·         Materials(bahan bahan)
·         Methods(metode metode)
·         Money(Uang)
·         Market(pasar)
 John W.Neuner :
·         Man(orang orang)
·         Materials(bahan bahan)
·         Methods(metode metode)
·         Money(Uang)
·         Morale(moral)
Michael J.Jucius dan William E.Schlender ;
·         Organization chart(bagan organisasi)
·         Organization manuals(manual organisasi)
·         Budget(anggaran)
 Louis Allen :
·         People(orang orang)
·         Material resources(sumberdaya materials)
·         Money(uang)
·         Tools and machine(peralatan dan mesin)
Kesimpulan :
·         Manusia, orang yang menggerakan dan melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan
·         Sumber daya material, sarana dan prasarana yang digunakan dan diproses untuk menjadin output, termasuk ; uang, mesin, gedung, tanah, bahan bahan, dll.
·         Metode, yaitu cara yang digunakan untuk memproses sumberdaya menjadi output.
·         Informasi, yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

2.      Prinsip prinsip manajemen
Fayol mengemukakan 14 prinsip manajemen atau menyebutnya sebagai general principles of administration :
a.      Division of work : pembagian kerja berdasarkan spesialisasi keahlian buruh.
b.      Authority and responsibility ; kewenangan untuk memerintah dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan.
c.       Discipline ; ketaatan dalam mematuhi peraturan peraturan kerja
d.      Unity of command ; kesatuan perintah yang diterima bawahan.
e.      Unity of direction ; kesatuan arah dari istruksi kerja.
f.        Subordination of individual to general interest ; kepentingan individu harus ditempatkan dibawah kepentingan umum.
g.      Renumeration ; kesesuaian kompensasi dengan beban kerja yang diberikan
h.      Centralization ; pemusatan tanggungjawab atau pengurangan beban atasan dengan pendelegasian wewenang
i.        Scalar chain atau hierarchy ;hubungan kekuasaan berjenjang dari tingkat atas hingga bawah
j.        Order ; ketepatan penempatan orang pada posisi kerjanya
k.       Equity ; persamaan perlakuan terhadap anggota organisasi
l.        Stability of tenure ; stabilitas seseorang pada pekerjaan atau jabatannya
m.    Initiative ; bawahan diberi kebebesan untuk ikut memikirkan pekerjaannya.
n.      Esprits de corps ; kebanggan terhadap korp organisasi.