1. Jelaskan
Tentang Keuangan Internasional (Transaksinya)?
Ø Advance Payment : Pembayaran yang dilakukan
oleh importir (Pembeli) kepada eksportir (Penjual) sebelum
barang/jasa diterima baik seluruh nilai maupun sebagian. Pembayaran silakukan sebelum barang dikirim.
Ø Collection Draft
: Penagihan pembayaran dari
Eksportir kepada Importir dengan cara pengiriman dokumen ekspor melalui
jasa Bank. Penagihan pembayaran dari Eksportir kepada Importir dengan cara
pengiriman dokumen ekspor melalui jasa Bank.
Ø Consigment :
pembayaran yang di lakukan oleh importir setelah barang yang dititipkan oleh eksportir
terjual, dalam hal ini kepemilikannya tetap pada eksportir. Pembayaran ini dapat dilakukan secara
langsung atau mengunakan
jasa Perbankan. Pembayaran dilakukan setelah barangnya
laku dijual kembali oleh Importir.
Ø Counter Trade Counter-trade
adalah pola perdagangan luar negeri yang dilakukan dengan mengekspor sejumlah
barang tertentu dan sebagai imbalannya memperoleh sejumlah barang tertentu
pula.
Ø Open Account kebalikan dari Advance payment yaitu
pembayaran oleh importir kepada Eksportir setelah barang/jasa dikirim dan
diterima oleh Eksportir. Pembayaran ini dapat dilakukan pula secara langsung
atau melalu jasa Perbankan. Pembayaran dilakukan setelah
barang diterima, yang penyelesaiannya diperhitungkan dalam pembukuan masing-masing.
Ø Kartu
Kredit adalah salah satu fasilitas
kredit yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya, untuk memberikan
kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan pembayaran.
2. Jelaskan
Manajemen Produksi Internasional (cara
meningkatkan produktivitas)? kegiatan transformasi yang
berhubungan dengan sebuah perusahaan internasional.
- Membelanjakan lebih banyak pada penelitian
dan pengembangan (Research
and Development)
: rangkaian proses atau langkah-langkah dalam
rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah
ada agar dapat dipertanggungjawabkan
- Meningkatkan operasi
- Meningkatkan keterlibatan karyawan
3.
Manajemen Strategi Internasional adalah proses perencanaan manajemen
yangkomprehensif dan berkelanjutan untuk merumuskan dan menerapkan strategi
yangmemungkinkan perusahaan untuk bersaing secara efektif dan secara
internasional.
4.
Komponen Strategi Internasional?
Ø Distinctive competencies adalah Keunggulan khusus dari sebuah perusahaan yang dapat
berupa teknologi yang mutakhir, jaringan distribusi yang efisien,
praktikorganisasi yang unggul, atau nama-nama merek yang dihormati.
Ø Scope of Operations adalah Ruang lingkup operasi dapat didefinisikan dalam hal wilayahgeografis
seperti negara, wilayah dalam suatu negawa, dan/ atau kelompok negara.
Ø Resource Deployment adalah ditentukan disepanjang lini
produk, garis geografis, atau keduanya. Ini bagian dari perencanaan strategis
dimana perusahaan menentukan prioritas relatif untuk sumber daya perusahaan
yang terbatas.
Ø Sinergy adalah menciptakan situasi dimana keseluruhan
lebih baikdaripada jumlah dari bagian-bagian.
5. Komponen2
Strategi Internasional tentang sinergi?
6. Cost leadership (kepemipinan biaya) adalah suatu strategi bersaing dimana perusahaan berhasil
dalam memproduksi barang atau jasa pada biaya yang paling rendah di dalam
industrinya. Dengan biaya yang sangat murah maka perusahaan dapat menetapkan
harga jual yang rendah, sehingga dalam persaingan akan dapat memenangkan secara
berkesinambungan.
7. L/C adalah suatu pernyataan tertulis dari bank atas permintaan nasabah
untuk menyediakan dan menyelesaikan suatu jumlah kewajiban tertentu bagi
kepentingan pihak ketiga (beneficiary), dengan syarat-syarat yang ditentukan.
8. Sebutkan
dan jelaskan Mode Off Entry ?
Ø Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean/
Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean. Indirect Exporting, Direct Exporting, dan Intracorporate Transfers.
Ø International
Franchising adalah pemberian lisensi
dari pemilik merek kepada pembeli merek usaha untuk berusaha dibawah nama
dagang pemilik merek dengan syarat melaksanakan bisnisnya sesuai dengan konsep
dari pemilik merek dan pembeli merek diharuskan membayar royalti sesuai dengan
perjanjian kontrak
Ø
lisensi internasional adalah pemilik merek memberikan lisensi kepada pihak yang menerima
lisensi untuk menggunakan barang atau jasa[1] yang dilisensikan sebagian atau seluruh jenis barang atau
jasa. dengan membayarkan royalti sesuai
kontrak perjanjian
Ø FDI = Aktivitas BI berupa
kepemilikan usaha asing dengan keterlibatan manajemennya bersifat aktif.
Ø Specialized Modes Sebuah
perusahaan juga dapat menggunakan strategi khusus untuk berpartisipasi dalam
bisnis internasional tanpa melakukan investasi jangka panjang.
o
Management contract adalah
perjanjian antara dua perusahaan, di mana salah satunya memberikan bantuan
keahlian manajerial kepada yang laindalam suatu periode tertentu.
o
Turnkey project adalah
pelaksanaan proyek/industry tertentu yang dilakukan oleh sebuah perusahaan
mulai dari membuat design, konstruksi dan star-up sampai siap dioperasikan.
o
Contract Manufacturing adalah sejenis pengaturan kontrak dimana satu
perusahaan bersedia untuk memproduksi barang bagi perusahaan lain, yang produk
tersebut sesuai dengan spesifikasi permintaan perusahaan kedua yang nantinya
akan mereka pasarkan sendiri.
8. International
Marketing ?
Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan
distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan individu
dantujuan organisasi
Ø Product : mengembangkan
fitur berwujud dan tidak berwujud yang memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar
yang berbeda. variety, quality, feature, brandname, packaging, size, design.
Ø Price mengembangkan
kebijakan yang membawa inrevenue dan strategis membentuk lingkungan yang
kompetitif. list price, discount, payment, credit terms.
Ø Place mendapatkan
produk dan jasa ke customershands melalui transportaton dan merchandising. channels,
coverage, location inventory, transport.
Ø Promotion menemukan
cara-cara untuk meningkatkan keinginan untuk produk atau layanan kepada pembeli
potensial. sales promotion, public relations, direct marketing, advertising.
9. Sebutkan dan
jelaskan Strategi bisnis dalam memasuki pasar internasional?
Ø cost
leadership adalah
strategi bersaing biaya rendah yang ditujukan untuk pasar yang luas dan
mengharuskan “membangun” secara agresif fasilitas-fasilitas dengan skala efisien,
pengurangan biaya yang gencar dan berkesinambungan, pengendalian biaya yang
sangat baik, penghindaran pelanggan-pelangan marjinal, minimalisasi biaya
R&D, Pelayanan, Marketing, dsb.
Ø Diferensiasi merupakan strategi aktif untuk mendapatkan
hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis tertentu karena loyalitas mereka
akan membuat sensivitas konsumen terhadap harga menjadi lebih rendah.
Ø Fokus adalah bahwa perusahaan atau unit bisnis yang
mengkonsentrasikan upaya-upayanya dalam melayani target strategis yang sempit
dengan lebih efisien dibandingkan pada pesaingnya.