INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Tuesday, June 3, 2014

Soal Latihan Bisnis Internasional

1. Jelaskan Tentang Keuangan Internasional (Transaksinya)?
Ø  Advance  Payment : Pembayaran yang dilakukan oleh importir (Pembeli) kepada eksportir (Penjual) sebelum barang/jasa diterima baik seluruh nilai maupun sebagian. Pembayaran silakukan sebelum barang dikirim.
Ø  Collection Draft : Penagihan pembayaran dari  Eksportir kepada Importir dengan cara pengiriman dokumen ekspor melalui jasa Bank. Penagihan pembayaran dari  Eksportir kepada Importir dengan cara pengiriman dokumen ekspor melalui jasa Bank.
Ø  Consigment : pembayaran yang di lakukan oleh importir setelah barang yang dititipkan oleh eksportir terjual, dalam hal ini kepemilikannya tetap pada eksportir. Pembayaran ini dapat dilakukan secara langsung atau mengunakan jasa Perbankan.  Pembayaran dilakukan setelah barangnya laku dijual kembali oleh Importir.
Ø  Counter Trade Counter-trade adalah pola perdagangan luar negeri yang dilakukan dengan mengekspor sejumlah barang tertentu dan sebagai imbalannya memperoleh sejumlah barang tertentu pula.
Ø  Open Account kebalikan dari Advance payment yaitu pembayaran oleh importir kepada Eksportir setelah barang/jasa dikirim dan diterima oleh Eksportir. Pembayaran ini dapat dilakukan pula secara langsung atau melalu jasa Perbankan. Pembayaran dilakukan setelah barang diterima, yang penyelesaiannya diperhitungkan dalam pembukuan  masing-masing.
Ø  Kartu Kredit adalah salah satu fasilitas kredit yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya, untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan pembayaran. 
2. Jelaskan Manajemen Produksi Internasional  (cara meningkatkan produktivitas)? kegiatan transformasi yang berhubungan dengan sebuah perusahaan internasional.
- Membelanjakan lebih banyak pada penelitian dan pengembangan (Research and Development) : rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan
- Meningkatkan operasi
- Meningkatkan keterlibatan karyawan
3. Manajemen Strategi Internasional adalah proses perencanaan manajemen yangkomprehensif dan berkelanjutan untuk merumuskan dan menerapkan strategi yangmemungkinkan perusahaan untuk bersaing secara efektif dan secara internasional.
 4. Komponen Strategi Internasional?
Ø  Distinctive competencies adalah Keunggulan khusus dari sebuah perusahaan yang dapat berupa teknologi yang mutakhir, jaringan distribusi yang efisien, praktikorganisasi yang unggul, atau nama-nama merek yang dihormati.
Ø  Scope of Operations adalah Ruang lingkup operasi dapat didefinisikan dalam hal wilayahgeografis seperti negara, wilayah dalam suatu negawa, dan/ atau kelompok negara.
Ø  Resource Deployment adalah ditentukan disepanjang lini produk, garis geografis, atau keduanya. Ini bagian dari perencanaan strategis dimana perusahaan menentukan prioritas relatif untuk sumber daya perusahaan yang terbatas.
Ø  Sinergy adalah menciptakan situasi dimana keseluruhan lebih baikdaripada jumlah dari bagian-bagian.
5. Komponen2 Strategi Internasional  tentang sinergi?
6. Cost leadership (kepemipinan biaya) adalah suatu strategi bersaing dimana perusahaan berhasil dalam memproduksi barang atau jasa pada biaya yang paling rendah di dalam industrinya. Dengan biaya yang sangat murah maka perusahaan dapat menetapkan harga jual yang rendah, sehingga dalam persaingan akan dapat memenangkan secara berkesinambungan. 
7. L/C adalah suatu pernyataan tertulis dari bank atas permintaan nasabah untuk menyediakan dan menyelesaikan suatu jumlah kewajiban tertentu bagi kepentingan pihak ketiga (beneficiary), dengan syarat-syarat yang ditentukan. 

8. Sebutkan dan jelaskan Mode Off Entry ?
Ø  Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean/ Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean. Indirect Exporting, Direct Exporting, dan Intracorporate Transfers.
Ø  International Franchising adalah pemberian lisensi dari pemilik merek kepada pembeli merek usaha untuk berusaha dibawah nama dagang pemilik merek dengan syarat melaksanakan bisnisnya sesuai dengan konsep dari pemilik merek dan pembeli merek diharuskan membayar royalti sesuai dengan perjanjian kontrak
Ø  lisensi internasional adalah pemilik merek memberikan lisensi kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa[1] yang dilisensikan sebagian atau seluruh jenis barang atau jasa. dengan membayarkan royalti sesuai kontrak perjanjian
Ø  FDI = Aktivitas BI berupa kepemilikan usaha asing dengan keterlibatan manajemennya bersifat aktif.
Ø  Specialized Modes Sebuah perusahaan juga dapat menggunakan strategi khusus untuk berpartisipasi dalam bisnis internasional tanpa melakukan investasi jangka panjang.
o    Management contract adalah perjanjian antara dua perusahaan, di mana salah satunya memberikan bantuan keahlian manajerial kepada yang laindalam suatu periode tertentu.
o    Turnkey project adalah pelaksanaan proyek/industry tertentu yang dilakukan oleh sebuah perusahaan mulai dari membuat design, konstruksi dan star-up sampai siap dioperasikan.
o    Contract Manufacturing adalah sejenis pengaturan kontrak dimana satu perusahaan bersedia untuk memproduksi barang bagi perusahaan lain, yang produk tersebut sesuai dengan spesifikasi permintaan perusahaan kedua yang nantinya akan mereka pasarkan sendiri.

8. International Marketing ?
Proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dantujuan organisasi
Ø  Product : mengembangkan fitur berwujud dan tidak berwujud yang memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar yang berbeda. variety, quality, feature, brandname, packaging, size, design.
Ø  Price mengembangkan kebijakan yang membawa inrevenue dan strategis membentuk lingkungan yang kompetitif. list price, discount, payment, credit terms.
Ø  Place mendapatkan produk dan jasa ke customershands melalui transportaton dan merchandising. channels, coverage, location inventory, transport.
Ø  Promotion menemukan cara-cara untuk meningkatkan keinginan untuk produk atau layanan kepada pembeli potensial. sales promotion, public relations, direct marketing, advertising.

9. Sebutkan dan jelaskan Strategi bisnis dalam memasuki pasar internasional?
Ø  cost leadership adalah strategi bersaing biaya rendah yang ditujukan untuk pasar yang luas dan mengharuskan “membangun” secara agresif fasilitas-fasilitas dengan skala efisien, pengurangan biaya yang gencar dan berkesinambungan, pengendalian biaya yang sangat baik, penghindaran pelanggan-pelangan marjinal, minimalisasi biaya R&D, Pelayanan, Marketing, dsb.
Ø  Diferensiasi merupakan strategi aktif untuk mendapatkan hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis tertentu karena loyalitas mereka akan membuat sensivitas konsumen terhadap harga menjadi lebih rendah.

Ø  Fokus adalah bahwa perusahaan atau unit bisnis yang mengkonsentrasikan upaya-upayanya dalam melayani target strategis yang sempit dengan lebih efisien dibandingkan pada pesaingnya.