INDRI PRATIWI 1203110147 ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM

Tuesday, June 3, 2014

Soal Latihan Sistem Informasi Manajemen

  1. Strategi prospektif (bagan strategi prospektif) perkembangan, visi, misi, tujuan, penyusunan, strategi, implementasi, evaluasi.
  2. Tentang crm
  3. Keunggulan kompetitif perusahaan
  4. Analisis keadaan SI pada saat ini
  5. Makalah kelompok 
JAWABAN:

1.      Definisi strategic prospective adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang atau rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan dengan tantangan lingkungan melalui penggunaan sistem informasi dan teknologi informasi yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.
Penentuan komponen-komponen kunci yang dipergunakan oleh organisasi perusahaan dlm strategic prospective adalah memberi respon terhadap perubahan lingkungan baik lingkungan internal maupun eksternal
Elemen utama SP: Planning dan strategy Implementation.
Bagan :
1.      Pengembangan visi dan misi
2.      Menetapkan tujuan
3.      Penyusunan danpemilihan strategi
4.Implementasi atas strategi yang di peluk
5. Evaluasi kinerja dan tindakan koreksi

2.      pengelolaan hubungan dua arah antara suatu perusahaan dengan orang yang menjadi pelanggan di perusahaan tersebut
Ø  CRM adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software)dan atau aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan (enterprise, kalau besar ukurannya) untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan. CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan
Ø  CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, email, masukan di situs atau hasilpembicaraan dengan staf sales dan marketing
Sejarah CRM
Ø  Kecenderungan lain yang melahirkan CRM adalah majunya teknologi manajemen data yang memungkinkan disimpannya jutaan data dalam satu sistem tunggal
Ø  CRM berawal sekitar tahun 1990-an sebagai langkah logis setelah rame-rame Enterprise Resource Planning (ERP)

Implementasi CRM
Ø  Untuk mengimplementasikan sebuah strategi CRM,diperlukan paling tidak 3 (tiga) faktor kunci yaitu
1.Orang-orang yang profesional kualifikasi    memadai),
2.Proses yang didesain dengan baik
3.Teknologi yang memadai (leading-edge technology).
Ø  Teknologi CRM paling tidak harus memiliki elemen-elemen berikut:
            - Aturan-aturan Bisnis: tergantung dari kompleksitas transaksi, aturan-aturan bisnis harus dibuat untuk memastikan bahwa transaksi  dengan pelanggan        dilakukan dengan efisien.
l  Penggudangan Data (data   warehousing)   konsolidasi dari         informasi tentang pelanggan harus             dilakukan dalam satu sistem terpadu
l  Situs (web): jelas CRM harus memiliki kemampuan swalayan. Hanya aplikasi berbasis situs (web based) yang bisa mendukung ini
l  Pelaporan (reporting): teknologi CRM harusmampu menghasilkan laporan yang akurat dan komprehen, nantinya berguna untuk menganalisa kelakuan pelanggan
l  Meja Bantu (helpdesk): teknologi yang mampu mengintegrasikan informasi pelanggan ke aplikasi meja bantu akan menunjukkan ke pelanggan seberapa serius sebuah enterprise menangani pelanggannya.
Keuntungan CRM
Ø  Menjaga pelanggan yang sudah ada
Ø  Menarik pelanggan baru
Ø  Cross Selling: menjual produk lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan berdasarkan pembeliannya
Ø  Upgrading: menawarkan status pelanggan yang lebih tinggi (gold card vs. silver card)
Ø  Identifikasi kebiasaan pelanggan untuk menghindari penipuan
Ø  Mengurangi resiko operasional karena data pelanggan tersimpan dalam satu sistem
Ø  Respon yang lebih cepat ke pelanggan
Ø  Meningkatkan efisiensi karena otomasi proses
Ø   Meningkatkan kemampuan melihat dan mendapatkan peluang

Masalah yang mungkin terjadi
Ø  Masalah fatal dan besar yang mungkin terjadi, seperti aplikasi TI lainnya, adalah terbuangnya feature atau kelebihan-kelebihan yang ditawarkan TI secara percuma
Ø  Pelanggan tetap mengeluh
Ø  tidak ada peningkatan efisiensi
Ø  staf sales dan marketing masih saling menyembunyikan data
Ø  profit perusahaan yang stagnan


3.      Strategi bisnis Menuju Keunggulan Kompetitif
·         Strategi biaya, yakni menjadikan produsen dengan biaya yang rendah, memberikan harga yang lebih murah terhadap pelanggan, menurunkan biaya dari pemasok, atau meningkatkan biaya pesaing untuk tetap bertahan di industri
·         Strategi diferensiasi, yakni mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk/jasa yang dihasilkan perusahaan terhadap pesaing sehingga pelanggan menggunakan produk/jasa karena adanya manfaat atau fitur yang unik
·         Strategi inovasi, yakni memperkenalkan produk/jasa yang  unik, atau membuat perubahan yang radikal dalam proses bisnis yang menyebabkan perubahan-perubahan yang mendasar dalam pengelolaan bisnis.
·         Strategi pertumbuhan, yakni dengan mengembangkan kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi ke dalam pemasaran global, melakukan diversifikasi produk/jasa baru, atau mengintegrasikan ke dalam produk/jasa yang terkait.
·         Strategi aliansi, yakni membentuk hubungan dan aliansi bisnis yang baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan lain



4.      Tahap analisis merupakan tahap yang paling kritis dan sangat penting, karena kesalahan di tahapan ini akan menyebabkan kesalahan di tahap selanjutnya
Hasil dari analisis sistem adalah:
laporan yang dapat menggambarkan sistem yang telah dipelajari dan diketahui bentuk permasalahannya serta rancangan sistem baru yag akan dibuat atau dikembangakan.
Tujuan Analisis Sistem
Ò  Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada fungsi manajerial di dalam pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan
Ò  Membantu para pemngambil keputusan
Ò  Mengevaluasi sistem yang telah ada
Ò  Merumuskan tujuan yang ingin dicapai berupa pengolahan data maupun pembuatan laporan baru
Ò  Menyusun suatu tahap rencana pengembangan sistem

Langkah-langkah
  1. Mengidentifikasi masalah
É  Mengidentifikasi penyebab masalah
  1. Analisis sistem
É  Mengidentifikasi solusi dari masalah
  1. Analisis Kebutuhan
É  Mengidentifikasi data apa dan proses apa yang dibutuhkan pada sistem baru.

É  Menentukan kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari sistem baru.